Cara Mematikan dan Menghidupkan Driver Signature Enforcement Windows

Tutorial Lengkap bagaimana Cara Enable on dan Disable off Driver Signature Enforcement pada Windows 7 8 8.1 10. Kali ini saya akan membagian tutorial tentang cara enable dan juga disable driver signature di Windows. Biasanya pada windows versi 64 bit membutuhkan verifikasi pada signature driver. Saat ini pada versi windows 8 dan 10 mempunyai sebuah fitur untuk mengecek signature pada suatu driver yang terpasang pada PC Anda. Dengan fitur ini kita dapat mengetahui apakah driver kita sudah mendapat persutujuan dari microsoft atau belum. Jika pada saat sobat menginstall driver dan driver tersebut tidak memiliki signature dari microsoft,  biasanya windows akan memblokir instalasi driver tersebut.

driver signature enforcement

Pada windows 7, biasanya akan menampilkan sebuah pesan apabila driver yang digunakan pada PC tersebut tidak memiliki signature dari Microsoft. Di sini saya membagikan dua cara, pertama dengan menggunakan CMD (Command Prompt) dan kedua merubah pengaturan pada startup agar menjadi disable.  Bagi pengguna windows 7 hanya dapat mengikuti satu cara saja, sedangkan pengguna windows 8 dan windows 10 dapat menggunakan kedua cara yang akan saya bahas ini. Saya telah mencoba Cara ke 1 pada laptop windows 8 64bit saya.

Metode 1 :

Cara Menonaktifkan Driver Signature Enforcement Windows :

  1. Silahkan Anda buka CMD sebagai Administrator.
    Pada windows 7 dengan cara buka Start Menu lalu ketik CMD > Run as administrator.CMD Windows 7
  2. Ketik perintah di bawah ini pada Command Prompt yang Anda buka tadi.
    bcdedit /set testsigning on
  3. Setelah itu tutup CMD dan restart komputer Anda. Setelah itu coba Anda instal atau menjalankan driver yang sebelumnya bermasalah, pada langkah ini Driver Signature Enforcement akan dimatikan secara permanen. Untuk mengaktifkannya silahkan ikuti langkah di bawah.

Cara Mengkaktifkan Driver Signature Enforcement Windows :

  1. Langkah-langkahnya sama seperti menonaktifkannya, tapi dengan menggunakan perintah di bawah ini :
    bcdedit /set testsigning off

Metode 2 :

Cara Menonaktifkan Driver Signature Enforcement Windows :

  1. Tekan tombol windows + R pada keyboard untuk membuka program Run.
  2. Ketikkan/masukan perintah dibawah ini lalu tekan enter.
    shutdown /r /o
  3. Akan muncul sebuah pemberitahuan tentang signed off sobat klik saja tombol close.
  4. Kemudian komputer akan reboot. Langkah selanjutnya pilih Troubleshoot.
  5. Setelah itu pilih Advanced options. pada bagian paling bawah.
  6. Pilih Startup Settings.
  7. Klik tombol retart maka komputer akan reboot lagi.
  8. Setelah komputer restart akan muncul menu Startup Settings. Pada langkah ini tekan tombol f7 pada keyboard untuk memilih “Disable driver signature enforcement”.windows-startup-aldhi

Setelah Anda mengikuti dua cara di atas, silahkan Anda coba apakah berhasil atau tidak, dengan cara menginstall atau menggunakan driver yang tadinya bermasalah. Sampai di sini pembahasan kali ini, semoga tutorial ini dapat membantu dan bermanfaat untuk sobat semua.

You May Also Like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *