Tutorial Lengkap Cara Cek IMEI Smartphone di Website Kemenperin

Tutorial Mudah Gampang Lengkap Cara Cek IMEI HP Smartphone ASUS, Samsung, Huawei, Honor, EverCross, Mito, Haier, Panasonic, ZTE, Wiko, Acer, Axioo, Coolpad, Smartfren, HTC, iPhone, Lenovo, LG, Advan, Meizu, Oppo, Sony, Vivo, Xiaomi, Alcatel Onetouch, Oneplus Blackberry itu legal resmi atau ilegal tidak resmi di Website Kemenperin Kementerian Perindustrian Indonesia.

Baru-baru ini Kementerian Perindustrian (Kemenperin) tengah mengembangkan sistem identifikasi produk ponsel ilegal yang dinamakan Device Identification, Registration, and Blocking System (DIRBS). Sistem ini sebagai upaya memvalidasi database nomor identitas asli ponsel (International Mobile Equipment Identity/IMEI). Sistem tersebut akan memblokir ponsel ilegal yang nomor IMEInya tidak terdaftar di Kemenperin. Regulasi ini rencananya akan diterbitkan pada 19 Agustus 2019.

Bagi kamu yang belum tahu, IMEI adalah nomor identitas ponsel yang terdiri dari 14 digit hingga 16 digit angka. Nomor identitas ini dikeluarkan GSM Association untuk setiap slot kartu yang dikeluarkan produsen ponsel.

IMEI іnі аkаn dіdаftаrkаn kе Kеmеntеrіаn Pеrіnduѕtrіаn kеtіkа ѕеbuаh роnѕеl hеndаk dіјuаl dі Indоnеѕіа. Kеmеnреrіn mеngumрulkаn IMEI іnі dаlаm dаtаbаѕе.

Nаntіnуа nоmоr IMEI іnі аkаn dіјоdоhkаn dеngаn MSISDN аtаu nоmоr іdеntіtаѕ SIM Cаrd. MSISDN bеrаѕаl dаrі ореrаtоr ѕеlulеr. Jаdі kеtіkа ѕеbuаh роnѕеl tеrhubung kе јаrіngаn, ѕеbuаh арlіkаѕі khuѕuѕ аkаn mеmіndаі nоmоr IMEI реrаngkаt dаn mеngесеk kеаѕlіаnnуа kе ѕіѕtеm DIRBS Kеmереrіn. Jіkа kоnеkѕі јаrіngаn аkаn dірutuѕ.

Cara Mudah Mengetahui IMEI HP Android

Ada banyak cara untuk cek nomor IMEI pada HP yang sobat miliki, seperti dengan masuk ke menu About Phone pada menu setting, melalui dial, cek pada dus atau nota HP. Untuk yang masih bingung bisa simak tutorial berikut ini.

1. Cara Melihat Nomor IMEI Melalui Menu Settings

1. Langkah pertama silahkan buka menu Settings pada HP Android sobat.

Cara Melihat Nomor IMEI Melalui Menu Settings

2. Selanjutnya masuk ke menu System.

Cara Melihat Nomor IMEI Melalui Menu Settings

3. Masuk ke menu About Phone.

Cara Melihat Nomor IMEI Melalui Menu Settings

4. Yang saya beri kotak merah itu adalah nomor IMEI HP sobat, jika HP sobat terdapat 2 SIM maka yang muncul ada 2 buah nomor IMEI.

Cara Melihat Nomor IMEI Melalui Menu Settings

2. Cara Melihat Nomor IMEI Melalui Dialer atau Panggilan *#06#

1. Masuk ke aplikasi Dialer/Panggilan HP android sobat.

Cara Melihat Nomor IMEI Melalui Dial *#06#

2. Ketikkan *#06# kemudian tekan tombol Call/Panggil.

Cara Melihat Nomor IMEI Melalui Dial *#06#

3. Setelah itu nomor IMEI HP sobat akan muncul, jika HP sobat terdapat 2 SIM maka yang muncul ada 2 buah nomor IMEI.

Cara Melihat Nomor IMEI Melalui Dialer atau Panggilan *#06#

3. Cara Melihat Nomor IMEI pada Dus / Kotak HP

Yang terakhir sobat bisa cek IMEI HP sobat pada kardus atau kota HP ketika sobat membeli HP. Biasanya pada luar kardus HP terdapat rincian informasi tentang ponsel milik sobat seperti spesifikasi singkat, serial number, dan tentunya nomor IMEI.

Cara Melihat Nomor IMEI pada Dus / Kotak HP

Setelah sobat tahu nomor IMEI, langkah selanjutnya adalah melakukan pengecekan pada situs website Kemenperin, apakah IMEI HP sobat terdaftar atau tidak.

Cara Cek IMEI HP Android di Situs Website Kemenperin Apakah Sudah Terdaftar atau Belum

Cara Cek IMEI HP Android di Situs Website Kemenperin Apakah Sudah Terdaftar atau Belum

Langkah pertama silahkan buka website Kemenperin di link berikut. Masukkan nomor IMEI sobat pada kotak pencarian lalu tekan tombol cari. Jika IMEI sobat terdaftar maka akan muncul pesan “IMEI terdaftar di database Kemenperin” seperti pada gambar di bawah ini.

Cara Cek IMEI HP Android di Situs Website Kemenperin Apakah Sudah Terdaftar atau Belum

Informasi lengkapnya silahkan simak video berikut :

Sekian tutorial yang bisa saya bagikan semoga bermanfaat.

You May Also Like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *