Manfaat dan Kegunaan dari Muntahan Ikan Paus (Ambergris)

Diposting pada

Manfaat dan Kegunaan dari Muntahan Ikan Paus (Ambergis)Sumber gambar : beritagar

Ada Apa dengan Muntahan Ikan Paus ? Apa itu Ambergris ? Berikut adalah Manfaat, Kegunaan, serta Khasiat dari Muntahan Ikan Paus atau Ambergis Lengkap. Tak disangka-sangka ikan paus memiliki muntahan yang bernilai mahal. Muntahan itu bernama Ambergris. Paus mengeluarkan zat yang sudah lama menumpuk di ususnya yang sudah menjadi padat yang berbentung bongkahan yang dinamakan Ambergis. Ambergis mengandung zat lilin dan juga mudah terbakar yang diproduksi di sistem pencernaan Ikan Paus Sperma.

Manfaat dan Kegunaan dari Muntahan Ikan Paus (Ambergis)

Ambergris telah menjadi baku pembuatan parfum sejak zaman kuno karena memiliki kualitas yang sangat baik. Bangsa Mesir Kuno, Romawi, Yunani dan Arab menggunakannya sebagai parfum. Biasanya di Asia, Ambergris digunakan sebagai bumbu.

Pada abad ke 10 Ibnu Haukal seorang pedagang dari Arab mempercayai Ambergris sebagai barang berharga setara dengan emas dan juga dipercaya akan khasiatnya sebagai Aphrodisiac.

Ambergris adalah hasil pencernaan paus sperma yang digunakan sebagai bahan campuran parfum. Gunanya, agar wangi parfum itu tahan lebih lama di kulit manusia.

Ambergris keluar melalui sekresi pathologis atau muntahan karena penyakit dari Ikan Paus Sperma dan dihasilkan akibat reaksi dari iritasi perut yang disebabkan oleh kepala cumi dan kerang-kerang tertentu. Ikan Paus Sperma mengeluarkan Ambergris tersebut secara spontan. Ikan paus sendiri hanya menghasilkan 3%-4% Ambergris saja dari populasi Ikan Paus Sperma jantan. Alhasil, benda ini mahal harganya dan dijuluki “emas mengambang” bukan tai lho ya.

Manfaat dan Kegunaan dari Muntahan Ikan Paus (Ambergis)

Pada saat ambergris ini dimuntahkan paus ke laut, zat ini akan bereaksi dengan air garam dan akan menghasilkan sebuah zat baru yang jika dijual nilainya bisa mencapai $10.000 per kilogramnya.

Ambergris yang baru saja dimuntahkan dimuntahkan mempunyai warna kehitaman dan gelap, lunak dan juga bau tidak enak. Warna amber menjadi sedikit cerah karena pengaruh air laut dan udara, dari warna abu-abu dan silver sampai dengan warna abu-abu sempurna dan akhirnya akan berwarna putih. Tidak hanya itu, ambergris juga memiliki bau yang berubah-ubah.

Ambergris dalam bahasa arab disebut juga sebagai “Anbar”. Dulu Rasulullah sallallahu alaihi wasallam juga pernah menggunakan minyak wangi yang bahannya terbuat dari Ambergris yang tercatat dalam hadits riwayat An-Nasa’i :

عَنْ مُحَمَّدِ بْنِ عَلِيٍّ قَالَ سَأَلْتُ عَائِشَةَ أَكَانَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَتَطَيَّبُ قَالَتْ نَعَمْ بِذِكَارَةِ الطِّيبِ الْمِسْكِ وَالْعَنْبَرِ

Dari Muhammad bin Ali ia berkata, “Aku pernah bertanya kepada ‘Aisyah, ‘Apakah Rasulullah SAW memakai parfum? ia menjawab, “Ya! dengan minyak wangi misk dan ‘anbar.”

Sumber : eramuslim.com

Fakta lainnya dari Ambregis adalah minyak dari bahan Ambergris adalah minyak terbaik setelah minyak kesturi.

Baiklah sekian dulu artikel tentang Manfaat dan Kegunaan dari Muntahan Ikan Paus yang bernama Ambergis. Semoga bermanfaat dan dapat menambah wawasan Anda.

Summary
Review Date
Reviewed Item
Manfaat dan Kegunaan dari Muntahan Ikan Paus (Ambergis)
Author Rating
51star1star1star1star1star

Agen Bola

  • Perosotan

    Muntah kidz zaman now jg boleh