Apakah Kamu Sudah Memiliki Batu Permata Jenis Ini? Jika Belum, Cari Tahu di Sini Yuk!

Diposting pada

Apakah Kamu Sudah Memiliki Batu Permata Jenis Ini? Jika Belum, Cari Tahu di Sini Yuk!sumber : google.com

Aksesoris jenis batu-batuan memang paling banyak diminati, karena selain keindahannya tak terbantahkan, jenisnya juga tidak terbatas. Seperti yang pernah sangat populer di masyarakat yaitu batu akik, dimana dari semua kalangan mulai dari anak-anak, dewasa sampai orang tua berlomba-lomba mengoleksi batu akik meskipun harganya relatif mahal.

Namun, ada jenis batu yang dari dahulu hingga sekarang memiliki banyak peminat meskipun harga jualnya tinggi, yaitu batu permata. Meski ada harga batu permata murah dan terjangkau, namun tentu kualitas dan keasliannya perlu kamu teliti lagi.

Batu permata adalah jenis batu-batuan yang mengalami proses geologi di dalam tanah atau lautan selama bertahun-tahun dengan bantuan senyawa kimia. Namun, tidak semua batu yang telah mengalami proses geologi masuk dalam kategori batu permata. Hanya beberapa saja yang masuk jenis batu permata dan memiliki nilai jual tinggi.

Baca Juga: Manfaat dan Kegunaan dari Muntahan Ikan Paus (Ambergris)

Apa saja batu-batu permata tersebut? Mari simak penjelasan berikut ini.

1. Diamond atau Batu Intan Berlian

Apakah Kamu Sudah Memiliki Batu Permata Jenis Ini? Jika Belum, Cari Tahu di Sini Yuk!sumber : brangkas.id

Para ibu sosialita yang gemar terhadap perhiasan pasti memiliki batu permata yang banyak dicari ini. Diamond merupakan batu berwarna transparan dan bertekstur keras, bahkan merupakan batu terkeras yang ada di bumi. Meskipun warnanya transparan, namun tetap ada warna lain yang nampak di dalamnya yaitu warna putih, kuning, coklat, hitam, hijau, orange, merah, dan biru. itulah mengapa jika kamu menganggap intan berlian selama ini hanya berwarna putih, maka kamu salah besar.

Hal penting lainnya adalah jangan lupa pastikan bahwa berlian yang kamu miliki adalah batu berlian asli, batu berlian asli memiliki sinar cahaya yang kilaunya sangat kuat.

Selain itu, pada umumnya batu berlian memiliki cacat pemotongan, akan tetapi tidak mengurangi nilai jual dan ada juga yang tidak memiliki cacat yaitu berlian flawless meskipun sangat sulit ditemukan.

2. Ruby

Apakah Kamu Sudah Memiliki Batu Permata Jenis Ini? Jika Belum, Cari Tahu di Sini Yuk!sumber : medium.com

Batu permata jenis ruby memang belum banyak dikenal kaum awam, karena dilihat dari namanya pun seperti halnya nama orang saja. Kendati demikian, ruby bukanlah batu permata murah, sebab meskipun belum seterkenal batu berlian tapi harga jualnya sangat tinggi.

Ciri-ciri batu permata ruby adalah warnanya yang merah, mulai dari merah muda hingga merah darah. Warna ini ditimbulkan dari kromium yang ada di dalamnya.

3. Kecubung

Apakah Kamu Sudah Memiliki Batu Permata Jenis Ini? Jika Belum, Cari Tahu di Sini Yuk!sumber : batukecubung.com

Kecubung di sini bukanlah nama jenis bunga, melainkan salah satu jenis batu permata. Kecubung juga biasa dikenal dengan nama ametis. Tampilan dari permata ini sangat menarik sehingga nilai jualnya pun tinggi.

Yang menarik dari warnanya yaitu merah muda hingga ungu. Dimana warna ungu sendiri memiliki filosofi sebagai warna yang elegan, dan tidak biasa serta selalu digunakan oleh anggota kerajaan.

4. Yakut

Apakah Kamu Sudah Memiliki Batu Permata Jenis Ini? Jika Belum, Cari Tahu di Sini Yuk!sumber : youtube.com

Yakut bukan tergolong batu permata murah. Batu yakut umumnya juga disebut dengan Zircon. Kata yakut diambil dari bahasa Persia yaitu Zargun artinya keemasan. Batu jenis ini termasuk batu permata yang tingkat kekerasannya tinggi.

Namun, kamu perlu waspada apabila hendak membeli batu permata jenis ini karena banyak sekali beredar batu permata yakut palsu, sebab batu yakut memang mudah dipalsukan.

5. Marzan

Apakah Kamu Sudah Memiliki Batu Permata Jenis Ini? Jika Belum, Cari Tahu di Sini Yuk!sumber: toplintas.com

Semenjak zaman prasejarah, Marzan sudah dikenal sebagai salah satu jenis batu permata. Batu permata Marzan berasal dari karang laut dan nama ilmiahnya yaitu corralium rubrum.

6. Giok

Apakah Kamu Sudah Memiliki Batu Permata Jenis Ini? Jika Belum, Cari Tahu di Sini Yuk!sumber : manfaat.co.id

Batu giok atau kerap disebut juga dengan zamrud adalah salah satu jenis permata. Secara fisik, warna dari batu giok adalah warna hijau. Batu giok selain diaplikasikan untuk cincin, juga bisa dibuat untuk ukiran patung, seperti patung naga dan juga burung phoenix.

Untuk harganya sangat beragam, dilihat dari perpaduan warnanya, jika warna batu giok semakin hijau maka harganya akan lebih mahal. Masyarakat Tiongkok percaya bahwa ketika kamu memakai batu giok, maka kamu akan diselimuti keberuntungan dan juga akan terhindar dari penyakit. Maka dari itu giok bukanlah batu permata murah.

Enam jenis batu permata tersebut adalah sebagian kecil dari banyaknya jenis batu permata yang ada. Batu permata memiliki daya tarik sendiri, baik dari segi keindahan, segi ekonomi maupun dari segi khasiatnya.

Batu permata juga merupakan jenis perhiasan yang sangat terkenal dan banyak orang ingin memilikinya, sebab batu permata biasanya dijadikan tolak ukur tingkat kekayaan seseorang. Pemakaian jenis batu permata tertentu menunjukkan seberapa tinggi derajat si pemakai tersebut.

Selain itu, orang yang memakai batu permata akan terlihat lebih elegan, berwibawa dan tentunya menunjang penampilan. Sisi negatif pemakaian perhiasan yang mahal ini adalah kamu tidak akan merasa tenang apabila bepergian, sebab diselimuti rasa takut akan adanya tindak kejahatan yang mungkin akan membahayakan dan mengincar perhiasan yang kamu pakai.

Pemakaian perhiasan diperbolehkan bahkan disarankan, tetapi tetap harus memperhatikan situasi dan kondisi. Jangan sampai menggunakan perhiasan yang terlalu berlebihan dan mencolok agar kamu tetap merasa aman dan nyaman dimanapun kamu berada.



Disclaimer :

Bеbеrара аrtіkеl dі blоg іnі tеrkаdаng bеrіѕі іnfоrmаѕі dаrі bеrbаgаі mасаm ѕumbеr. Hаk сірtа bеruра gаmbаr, tеkѕ, dаn lіnk ѕереnuhnуа dіmіlіkі оlеh wеb tеrѕеbut. Jіkа аdа mаѕаlаh tеrkаіt hаl іnі, Andа dараt mеnghubungі Saya melalui email admin@aldhinya.com
Posting terkait:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *