Kenali 3 Macam Domain Murah beserta Kegunaannya

Diposting pada

Kenali 3 Macam Domain Murah beserta Kegunaannya

Bagi Anda yang berkecimpung dalam dunia online terutama yang terbiasa mengelola sebuah situs, Anda pasti sudah tidak asing dengan penggunaan domain murah. Tentunya, Anda juga pasti mengetahui apa itu pengertian domain, apa fungsinya karena bagaimanapun juga ia memiliki peranan penting dalam pengelolaan sebuah situs online.

Domain sendiri pada dasarnya merupakan sebuah nama yang digunakan oleh para pengguna internet untuk mengakses informasi tertentu pada server komputer dalam jaringan internet. Biasanya, saat akan mengakses sebuah informasi, Anda pasti akan diminta untuk mengakses alamat IP yang memiliki deretan angka yang cukup panjang. Nah, domain ini berfungsi untuk mempermudah akses informasi dalam jaringan internet karena tidak semua orang dapat menghafal deretan angka yang panjang.

Bagi Anda yang ingin mengetahui beberapa macam domain dan juga kegunaannya, berikut ini adalah contoh domain murah beserta dengan kegunaannya yang perlu Anda ketahui:

Subdomain

Apakah Anda tahu bahwa dalam satu domain bisa terdapat lebih dari satu alamat IP? Caranya adalah dengan menambahkan subdomain. Subdomain sendiri adalah nama yang digunakan selain nama label pada sebuah situs. Sebagai contoh ada sebuah situs bernama mail.yahoo.com. Subdomain pada nama situs ini yaitu adalah ‘mail’ dengan ‘yahoo’ sebagai nama label-nya.

Baca juga : belajar PHP

Ketika Anda membuat sebuah blog atau situs, hal seperti subdomain tentu akan Anda dapatkan. Jadi, subdomain akan berada di awal nama situs sebelum titik (dot). Contoh: namasubdomain.wordpress.com atau namasubdomain.blogspot.com. Jadi, kegunaan subdomain ini adalah untuk memberikan kemudahan bagi pengunjung yang ingin mengakses informasi dari situs tertentu.

Tidak ada aturan pasti untuk pemberian nama subdomain pada situs atau blog yang ingin Anda buat. Jadi, Anda bisa mengatur sebebas mungkin pemberian nama, kapital atau tidaknya huruf yang akan digunakan, yang pasti Anda bisa memberikan nama se-menarik mungkin agar pengunjung tertarik untuk berkunjung ke situs atau blog yang Anda kelola.

Label

Jenis kedua dari domain yaitu ialah Label. Label biasa juga disebut dengan brand atau merek dari sebuah situs tersebut. Seperti yang telah disebutkan sebelumnya sebagai contoh, ia merupakan brand tertentu dari sebuah situs. Contohnya ialah situs milik Google dengan nama Google.com. Nah, Google sebelum tanda (dot)com adalah label dari situs tersebut.

Label biasanya berfungsi untuk mempermudah pengguna atau pengunjung yang akan mengunjungi situs tertentu. Jadi, mereka sudah tidak perlu menggunakan deretan angka yaitu alamat IP hanya dengan menggunakan label pada domain situs yang akan dikunjungi. Jadi, Anda sudah tidak perlu repot-repot menghafal deretan angka panjang dari alamat IP.

Label pada domain yang berbayar tentu akan memberikan keuntungan tersendiri bagi pemiliknya. Jika Anda pemiliknya, Anda bisa membuat nama label atau brand yang tidak terlalu panjang yang tentu saja mudah untuk diingat. Kemudahan pemberian nama label sebagai brand suatu situs tentu akan menjadi daya trik tersendiri bagi para calon pengunjung atau pengguna.

Ditambah lagi jika Anda menggunakan domain murah dan tentu saja berbayar. Anda bisa menggunakan brand label atau domain tersebut secara bebas tanpa memerlukan batasan. Hal ini tentu saja berbeda dari domain yang bisa didapatkan secara gratis karena pasti terdapat batasan tertentu.

TLD

Jenis yang ketiga dari domain berbayar dan murah yang terakhir adalah TLD. TLD merupakan singkatan dari Top Domain Level yang merupakan sebuah identitas dari situs online yang biasanya terletak pada akhiran kata sebuah situs. Penulisan TLD selalu diawal dengan simbol titik (.) atau yang biasa kitabaca ‘dot’. Contohnya, .com (dot com) dan juga .net (dot net).

TLD sendiri dibagi menjadi dua kelompok yaitu country code top level dan juga global top level domain. Untuk country code top level, biasanya TLD pada situs ini mengikuti kode sebuah negara tertentu seperti misalnya Indonesia yang memiliki country code top level untuk TLD yaitu .id (dot id). Jadi, situs tersebut mengacu pada wilayah negara tertentu. Ia juga memiliki syarat administrates tertentu untuk penggunaannya karena memang tidak dapat dipergunakan secara bebas.

Kelompok yang selanjutnya adalah global top level domain. Seperti namanya yaitu global, artinya siapapun bisa menggunakan jenis TLD yang satu ini secara bebas tanpa harus terdaftar. Tidak ada persyaratan administrasi tertentu seperti hal-nya jika ingin memiliki Country Code Top Level Domain. Anda hanya memerlukan email untuk mendaftar di situs yang menyediakan TLD dan membayar harga sewa dalam kurun waktu tertentu.

Penggunaan domain berbayar akan memberikan Anda keuntungan tersendiri seperti memiliki storage yang lebih besar, fitur lengkap untuk mengelola situs, dan penggunaan domain yang bebas tanpa batasan waktu selama Anda rutin membayar biaya langganan. Untuk mendapatkan domain murah dan juga mudah untuk digunakan, Anda bisa mengunjungi situs domain murah https://www.domainesia.com/domain/. DomaiNesia memiliki promo harga domain paling murah yaitu domain .com Cuma 99 ribu.



Disclaimer :

Bеbеrара аrtіkеl dі blоg іnі tеrkаdаng bеrіѕі іnfоrmаѕі dаrі bеrbаgаі mасаm ѕumbеr. Hаk сірtа bеruра gаmbаr, tеkѕ, dаn lіnk ѕереnuhnуа dіmіlіkі оlеh wеb tеrѕеbut. Jіkа аdа mаѕаlаh tеrkаіt hаl іnі, Andа dараt mеnghubungі Saya melalui email admin@aldhinya.com
Posting terkait:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *