Resmi Rilis di Indonesia, Ini Dia Kelebihan dan Kekurangan Realme 5 2019

Resmi Rilis di Indonesia, Ini Dia Kelebihan dan Kekurangan Realme 5 September 2019

Pada tanggal 20 Agustus lalu, Realme India secara resmi memperkenalkan Realme 5. Mulai dijual pada akhir Agustus, smartphone ini mendapat sambutan yang luar biasa dengan angka penjualan yang fantastis. Dan sekarang, smartphone ini akan resmi launching di Indonesia, bersamaan dengan Realme 5 Pro. Tentunya akan sangat menarik untuk mengulas lebih dalam mengenai kelebihan dan kekurangan Realme 5 ini.

Hanya butuh waktu 1 bulan bagi Realme untuk membawa smartphone ini secara resmi masuk Indonesia. Ya, pada tanggal 19 September mendatang, Realme 5 dan Realme 5 Pro akan launching secara resmi. Dan pada malam harinya pada pukul 19.00 akan dimulai penjualan flash sale di Lazada untuk pertama kalinya di Indonesia.

Mungkin banyak diantara anda yang sudah menunggu kedatangan Realme 5 ini. Terutama berkat penggunaan 4 buah lensa kamera utama dengan baterai jumbo yang menjadi andalan. Namun sebelum memutuskan untuk membeli atau tidak, ulasan kami mengenai kelebihan dan kekurangan Realme 5 di bawah ini mungkin akan berguna untuk anda sekalian.

Kelebihan Realme 5

Salah satu aspek yang paling diunggulkan oleh Realme 5 adalah kamera, dan juga baterai yang besar. Ya, duo Realme 5 menjadi seri pertama dari Realme yang dibekali dengan 4 buah lensa kamera utama atau sering disebut dengan Quad Camera. Selain itu, kelebihan Realme 5 juga bisa kita temukan pada sektor batera yang super besar. Dan berikut ulasan lengkap kami mengenai kelebihan Realme 5 terbaru ini.

1. Desain Mewah ala Crystal

Bagi sebagian orang, mungkin saja ini memang bukan merupakan kelebihan Realme 5. Mengapa demikian?, sebab tentu saja tidak semua orang akan menyukai desain seperti ini, tergantung selera masing masing. Jadi, kelebihan dan kekurangan smartphone pun tentunya tidak akan selalu sama untuk semua orang. Lantas, mengapa kami menyebutnya sebagai salah satu keunggulan Realme 5 tebaru ini?.

Tentu saja karena keunikannya, dimana warna dan desain seperti ini memang digunakan pertama kali oleh Realme pada generasi C2 sebelumnya. Dan sampai saat ini, keunikan tersebut masih menjadi milik Realme, sebab masih tidak ada yang meniru desain tersebut.

2. Dew-Drop Screen Lega

Realme 5 memang masih dibekali dengan notch di bagian atas layar yang diisi dengan lensa kamera. Tentu saja, smartphone dengan harga terjangkau ini masih tidak memungkinkan untuk dibekali dengan layar penuh dan motorized pop up camera. Namun untuk anda yang suka bermain game atau menonton video, layar lega milik Realme 5 tentu akan sangat memanjakan mata.

Realme 5 dibekali dengan panel IPS LCD berukuran 6.5 inchi dengan resolusi 720 x 1600 piksel, dengan rasio layar 20:9, rasio layar yang tergolong unik. Ponsel terbaru Realme ini juga sudah dibekali dengan splash resistant, yang diklaim mampu menahan cipratan air. Soal perlindungan?, tenang saja sebab Realme 5 sudah dibekali dengan Corning Gorilla Glass 3+.

3. Dapur Pacu Bertenaga

Untuk sistem operasi, Realme 5 dibekali dengan ColorOS 6 milik Oppo berbasiskan Android 9.0(Pie) terbaru. Dan untuk dapur pacu, menggunakan chipset Snapdragon 665 (11nm) Octa-Core yang dipadukan dengan GPU Adreno 610 sebagai pengolah grafis. Berbicara soal main game, seharusnya smartphone ini sudah lumayan bisa diandalkan.

Sementara urusan multitasking, tetap akan terasa mumpuni dengan berbagai pilihan RAM dan memori internal yang tersedia. Tersedia varian RAM 3/32GB, 4/64GB, dan 4/128GB. Jika ingin menambah media penyimpanan, maka bisa menggunakan microSD hingga 256GB, yang untungnya slot sudah terpisah dari slot dual SIM.

4. Quad Camera

Dari berbagai kelebihan dan kekurangan Realme 5, aspek kamera menjadi sorotan yang paling banyak dinantikan para fans Realme di Indonesia. Bagaimana tidak?, smartphone ini dibekali dengan quad camera, tentunya dengan hasil yang cukup bisa diandalkan.

Terdapat lensa beresolusi 12MP main camera + 8MP ultrawide camera + 2MP dedicated macro camera + 2MP depth sensor. Sementara untuk kamera selfie, dibekali dengan lensa beresolusi 13MP. Namun yang istimewa adalah adanya fitur gyro-EIS yang akan sangat membantu dalam perekaman video ataupun pengambilan foto.

5. Baterai Jumbo

Kebutuhan akan baterai besar memang sudah seakan sebuah kebutuhan sekarang ini. Tidak tanggung tanggung, Realme 5 pun sudah dibekali dengan baterai sebesar 5.000mAh, yang didukung dengan teknologi fast charging 10W. Untuk penggunaan selama seharian penuh, Realme 5 seharusnya akan sangat bisa diandalkan.

Namun memang fast charging dengan daya 10W yang dimiliki terasa masih kurang mumpuni. Alhasil, anda pun tetap akan membutuhkan waktu yang lumayan lama untuk mengisi daya baterai sampai penuh. Berbeda cerita seandainya saja Realme 5 sudah dibekali dengan daya fast charging setidaknya 15W.

Kekurangan Realme 5

Layaknya ponsel lain pada umumnya, kelebihan dan kekurangan Realme 5 tentunya akan berjalan beriringan. Dan kami juga masih menemukan beberapa kekurangan Realme 5 yang sebenarnya cukup mengganggu. Misalnya saja adalah material yang tergolong murah dan port microUSB 2.0 lawas. Dan berikut ulasan kami mengenai kelebihan dan kekurangan Realme 5 terbaru.

1. Material Plastik Polycarbonate

Jika anda bersedia melirik ponsel dari brand sebelah dengan harga yang kurang lebih sama, sebut saja Redmi Note 7 yang sudah dibekali dengan material kaca berlapiskan Corning Gorilla Glass. Namun sayangnya, Realme 5 masih bertahan dengan material plastik polycarbonate pada bagian belakang.

Dari sisi tampilan memang tidak memberikan banyak pengaruh, terutama karena desain crystal yang dimiliki. Namun ketika berbicara mengenai kualitas dan pride, maka tentu material kaca sudah jauh lebih mumpuni.

2. MicroUSB 2.0 Lawas

Lagi lagi kekurangan Realme 5 yang seharusnya bisa diimprove lebih baik lagi. Mari kita bandingkan lagi dengan Redmi Note 7 yang sudah dibekali dengan USB Type-C terbaru. Jadi, port USB Type-C sebenarnya tidaklah terlalu mahal lagi, terutama sekarang ini banyak brand sudah mulai meninggalkan microUSB 2.0 lawas.

Resmi Rilis di Indonesia, Ini Dia Kelebihan dan Kekurangan Realme 5 September 2019

Harga dan Kesimpulan

Jika anda menyukai aspek fotografi, maka Realme 5 seharusnya akan sangat layak dipertimbangkan. Terutama dengan fitur gyro-EIS tentunya akan banyak membantu dalam perekaman video ataupun pengambilan foto. Begitu juga dengan baterai super jumbo yang dimiliki, akan bisa digunakan bertahan seharian penuh.

Lantas, berapa budget yang harus anda siapkan untuk memboyong smartphone ini?. Memang harga Realme 5 di Indonesia masih belum dirilis. Namun kami yakin harganya tidak akan jauh berbeda dengan harga di India. Keyakinan kami tersebut mengacu pada beberapa varian Realme sebelumnya, yang selalu dibanderol dengan harga kurang lebih sama dengan harga di India.

Harga Realme 5 untuk varian 3GB/32GB dibanderol di angka Rs. 9.999 (Rp. 1.9 Jutaan), varian RAM 4GB/64GB senilai Rs. 10.999 (Rp. 2.1 Jutaan) dan varian RAM 4GB/128GB dibanderol di angka Rs. 11.999 (Rp. 2.3 Jutaan). Khusus untuk Realme 5, setidaknya ada dua varian warna yang tersedia, yakni Crystal Purple dan Crystal Blue.

Last, semua ulasan kami mengenai kelebihan dan kekurangan Realme 5 mungkin saja tidak sesuai dengan pendapat anda masing masing. Namun kami selalu berusaha mengkomparasikan fitur dan spesifikasi Realme 5 dengan ponsel lain di range harga yang kurang lebih sama. Alhasil, kami pun bisa mengulas kelebihan dan kekurangan Realme 5 dengan lebih akurat dan objektif.

Resmi Rilis di Indonesia, Ini Dia Kelebihan dan Kekurangan Realme 5 September 2019
Next Post

No more post

You May Also Like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *