Tips Cara Memilih Nama Domain yang Menarik Untuk Blog atau Website

Tips Cara Memilih Nama Domain yang Menarik Untuk Blog atau Website

Tips Cara Memilih Nama Domain yang Menarik, Unik, Baik, Cocok, Pas, Pendek, Mudah Diingat Untuk Sebuah Blog atau Website Pribadi, Perusahaan, Organisasi.

Bagi siapa saja yang baru pertama kali ingin membuat blog, mungkin sedikit kebingungan dalam pemilihan nama domain yang tepat dan cocok. Memilih nama domain yang tepat adalah suatu hal yang sangat penting ketika kalian baru pertama kali membangun sebuah blog atau website.

Layaknya sebuah nama sebuah perusahaan atau bisnis, domain juga berperan penting dalam sebuah blog. Kebanyakan blogger yang baru terjun di dunia blogging biasanya tidak memikirkan secara matang ketika ingin memilih nama domainnya. Domain yang anda gunakan akan menjadi identitas website anda nanti di internet yang akan dibuka oleh orang banyak.

1. Jangan Menggunakan Domain Gratis

Yang pertama harus kalian perhatikan adalah jangan sekali-kali menggunakan domain gratis. Nah, kebanyak blogger pemula sering menggunakan domain gratisan ini karena modal untuk membeli domain belum ada, atau lagi tidak sabar karena pingin punya blog dengan nama domain sendiri.

Domain gratis yang sering digunakan blogger pemula di antaranya adalah .TK, .ML, .GA, .CF, .GQ. Memangnya kenapa kalau pakai domain gratisan? Bagi kalian yang ingin serius mengelola sebuah blog alangkah baiknya jangan menggunakan domain gratisan.

Kebanyakan domain gratis itu tidak sepenuhnya gratis, contohnya 5 domain di atas tadi, itu hanya gratis untuk waktu 1 tahun saja. Banyak blog-blog spam yang menggunakan domain gratisan, dan suatu saat nanti bisa saja terkena banned dari Mbah Google. Selain itu, jika menggunakan domain gratisan blog kalian akan terlihat jelek dan tidak profesional.

2. Masukkan Kata Kunci yang Berhubungan dengan Website Anda

Misal anda ingin membuat blog yang berisi tutorial windows maka masukkan kata kunci tutorial ataupun windows, ini membuat domain anda akan mudah muncul di pencarian Google, contoh lain adalah jika anda punya bisnis toko buku yang menjual macam-macam buku dan berada di area Surabaya, maka gunakan nama domain contohnya jualbukusurabaya.com atau bukumurahsurabaya dan sebagainya.

3. Pastikan Domain Mudah Diketik

Memakai domain yang mudah diingat dan juga mudah diketik akan membantu para pengunjung website atau blog anda untuk mengunjunginya lagi. Jangan sekali menggunakan ejaan-ejaan gaul atau kata-kata yang sulit untuk diingat.

4. Jangan Terlalu Panjang

Jumlah karakter domain juga hal yang penting. Jangan menggunakan domain dengan karakter yang panjang. Itu akan membuat orang lain bahkan diri anda sendiri merasa ribet untuk mengejanya, bahkan mungkin bisa salah dalam pengejaannya.

5. Mudah Diingat

Ada jutaan domain yang tersebar di internet. Tidak mungkin seseorang dapat menghafalkan nama domain-domain tersebut. Nah untuk mengatasi hal tersebut maka saran saya gunakanlah nama domain yang mudah diingat. Dengan begini orang akan lebih mudah untuk mengingat nama domain blog anda.

6. Jangan Gunakan Angka

Sebisa mungkin jangan mencantumkan angka di nama domain anda, karena akan membuat blog terlihat tidak keren dan menjadi lebih ribet. Bukan hanya itu, jangan juga menggunakan hyphens atau tanda (-) di nama domain, contohnya face-book.com.

7. Gunakan Extension Domain yang Cocok

Extension merupakan akhiran yang terdapat pada domain seperti .org, .net., .com. Extension yang paling banyak dan paling populer digunakan orang adalah .com, namun kalian pasti sedikit kesulitan mendapatkan nama domain yang pendek dengan extension tersebut, karena ada banyak orang yang menggunakan nama yang mungkin sama dipikiran anda.

Gunakan domain sesuai dengan fungsi website anda, misal jiga website anda berisi seperti forum organisasi maka gunakanlah .org, jika berisi artikel informatif bisa menggunakan .info, website sekolah bisa menggunakan .sch.id, dan masih banyak lainnya.

8. Daftarkan Domain di Tempat yang Terpercaya

Ada satu lagi yang tidak kalah penting, yaitu anda harus memilih tempat mendaftarkan domain anda nantinya. Jangan sampai anda mendaftarkan domain di tempat yang kurang terpercaya, atau membeli ke orang yang biasanya memberikan harga murah di group-group facebook, anda tidak tahu apakah penjual tersebut membeli domainnya dengan legal atau ilegal.

Domain Murah Niagahoster

Maka saran saya kalian bisa membelinya di Niagahoster. Niagahoster merupakan perusahaan layanan domain murah di Indonesia. Tidak hanya domain, Niagahoster juga menyediakan layanan hosting dan juga vps. Niagahoster sudah dipercaya oleh banyak penggunanya di Indonesia.

Niagahoster menyedia ekstensi yang sangat lengkap, anda bisa memilih ekstensi yang cocok untuk website yang anda gunakan. Langsung saja order di alamat berikut : https://www.niagahoster.co.id/domain-murah.

Nah sekian dulu tips yang bisa admin bagikan, semoga bermanfaat bagi kalian  yang masih kebingunan memilih nama domain yang cocok untuk digunakan. Jika kalian memiliki tips lainnya bisa tinggalkan komentar di bawah.

You May Also Like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *