KEREN!! Ini Dia Fakta Unik di Bulan September, Pasti Kalian Belum Tahu

Beruntung!! Ini Dia Fakta Wanita yang Lahir di Bulan September

Fakta Unik, Menarik, Misteri, Mitos di Bulan September Terbaru Lengkap – Aldhinya Web. Di setiap bulan pasti mempunyai keistimewaan sendiri bagi setiap orang. Salah satunya adalah 10 fakta unik di bawah ini. Bulan september memiliki banyak fakta unik yang pasti belum kalian ketahui. Banyak sekali kejadian-kejadian yang terjadi di bulan september.

Artikel yang Sama :

1. Angka sembilan.

KEREN!! Ini Dia Fakta Unik Bulan September, Pasti Kalian Belum Tahu
https://www.youtube.com

Mungkin terdengar sepele atau memang hanya sebuah kebetulan, bulan September adalah bulan ke sembilan dari penanggalan kalender dalam setiap tahunnya. Uniknya, nih ternyata huruf-huruf dalam bulan September pun berjumlah sembilan! Silakan cek sendiri, tidak ada bulan selain September yang jumlah huruf dan urutan bulan yang memiliki jumlah yang sama.

2. Bulan September pernah hanya 19 hari.

Bulan September pernah hanya 19 hari
https://www.balbriggancommunitycollege.com

Di tahun 1752, sebelum berlaku perubahan sistem kalender Gregorian dari kalender Julian, di Inggris, bulan September hanya berlangsung selama 19 hari. Pada masa transisi tersebut, dari tanggal 3 hingga 13 di bulan September dihapus karena untuk menyesuaikan musim yang sedang terjadi. Jadi, di bulan September, jumlah harinya dipangkas menjadi hanya 19 hari.

3. Tragedi WTC.

Tragedi WTC
https://www.gameedukasi.com

Masih ingat dengan tragedi menara WTC yang dihantam pesawat pelaku teroris pada 2001 silam? Ternyata musibah besar yang menewaskan setidaknya 3000 penduduk New York ini terjadi pada bulan September, tepatnya pada tanggal 11. Peringatan tragedi WTC masih diperingati hingga sekarang oleh sebagian besar warga Amerika Serikat.

4. Hari Nasional Kakek-Nenek.

Hari Nasional Kakek-Nenek
https://www.learnabouttravelmaps.info

Di negara Jepang dan Amerika, tepat pada minggu ketiga pada bulan September atau minggu pertama setelah Senin pertama, diperingati sebagai Hari Nasional Kakek-Nenek atau Hari Penghormatan Orang Lanjut Usia. Peringatan ini dimaksudkan sebagai penghormatan kepada orang-orang yang sudah berusia lanjut karena dianggap telah berjasa membesarkan dan mendidik generasi-generasi muda hingga menjadi manusia yang berguna.

5. Awal musim gugur dan musim semi.

Awal musim gugur dan musim semi
https://gate-jp.com

Musim di negara-negara belahan bumi bagian Utara dan Selatan memang kerap berganti-ganti. Walaupun sama-sama memiliki 4 musim, namun waktu-waktu musim di kedua belahan bumi tersebut tentu saja berbeda. Di bulan September, awal musim musim gugur terjadi di bagian utara Bumi, sementara awal musim semi terjadi di bagian selatan belahan Bumi. Di negara tropis seperti Indonesia, awal musim hujan pun terjadi di bulan September.

6. Peringatan Hari Guru di beberapa negara.

Peringatan Hari Guru di beberapa negara
https://www.tes.com

Di beberapa negara seperti Singapura, India, RRC, Taiwan, Argentina, dan Hongkong, di bulan September pada tanggal-tanggal tertentu diperingati sebagai Hari Guru Nasional. Peringatan Hari Guru ini dimaksudkan untuk menghargai jasa-jasa para guru yang telah memberikan pendidikan yang layak bagi murid-muridnya dan mengantarkan mereka kepada kesuksesan.

7. September tak ada dalam karya Shakespeare.

September tak ada dalam karya Shakespeare
https://blog.laroutedeslangues.com

Bagi pecinta karya-karya Shakespeare, jika dicermati lebih dalam, kata “September” ternyata memang tidak pernah disebutkan dalam drama karangannya. Berbeda dengan bulan-bulan lain yang kerap disebutkannya dengan jelas, bulan September memang satu-satunya bulan yang tak pernah disinggung oleh seniman yang terkenal dengan kisah Romeo dan Juliet-nya ini.

8. Awal tahun pelajaran di Eropa dan Amerika.

Awal tahun pelajaran di Eropa dan Amerika
https://www.dailyherald.com

Berbeda dengan Indonesia yang mengawali tahun pelajaran di bulan Juli, di beberapa negara Asia, Eropa dan Amerika, awal tahun pelajaran baru bagi anak-anak sekolah berlangsung pada akhir Agustus atau awal bulan September.

9. Negara-negara yang merdeka di bulan September.

Negara-negara yang merdeka di bulan September
https://www.india.com

Jika Indonesia memperingati hari kemerdekaannya pada bulan Agustus, maka pada bulan September, dengan tanggal yang berbeda-beda, banyak negara-negara di dunia yang memperingati hari kemerdekaannya. Sebut saja Uzbekistan, Chili, Vietnam, Malta, Honduras, Korea Utara, Brazil, Macedonia, dan beberapa negara-negara lain yang memperoleh kemerdekaannya pada bulan September.

10. Hari terakhir bulan September.

Hari terakhir bulan September
https://kalender.jendelajogja.com

Boleh dibuktikan kebenarannya, hari terakhir bulan September di setiap tahunnya selalu jatuh pada hari yang berbeda dalam waktu seminggu dari hari terakhir bulan yang lainnya. Agak membingungkan memang, namun hal tersebut merupakan salah satu fakta tak terduga dari bulan September. Hayo, pasti sibuk lihat kalender kan?

Semua bulan dalam satu tahun kalender memang memiliki ciri khas dan keunikannya masing-masing. Namun, bulan September memang kerap memberikan keceriaan.

Sumber : https://www.idntimes.com

You May Also Like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *