Panduan Lengkap Membuat Bootable Windows DVD Dengan ImgBurn

Panduan Lengkap Membuat Bootable Windows DVD Dengan ImgBurn

Aldhinya Web – Tutorial Petunjuk Panduan langkah langkah bagaimana how to Mudah Simple Membuat create menggunakan melakukan Bootable USB flashdiskWindows NT 95 98 2000 XP server vista 7 8 8.1 10 starter home basic premium professional ultimate enterprise, linux red hat debian ubuntu mandrake mandrive suse xandros gentoo free bsd centos turbo min blank on dengan Menggunakan ImgBurn dengan cepat lengkap terbaru Download Unduh Aplikasi Software ImgBurn paling terbaru.

Panduan Lengkap Tutorial Cara Membuat Bootable Windows 7, 8, 8.1, 10, vista DVD CD Dengan ImageBurn Terbaru. Halo pecinta gadget, mungkin saat ini kalian sedang mencari-cari informasi di internet mengenai panduan bagaimana cara untuk membuat sebuah bootable windows. Nah bagi yang belum tahu apa itu bootable windows, akan saya jelaskan terlebih dahulu. Bootable windows biasa disebut dengan DVD Installer windows, dimana pada dasarnya setiap komputer maupun Laptop tentu saja membutuhkan yang namanya OS atau operating system.

Dimana dengan adanya operasi sistem ini, sebuah laptop atau komputer bisa dijalankan untuk berbagai Fungsi, paling mudahnya saja tentu untuk mengetik di Pc atau Laptop kita. Tidak heran jika operasi sistem dalam bentuk DOS/ Windows sangatlah penting. Operasi sistem sendiri saat ini sudah banyak jenisnya, mulai dari Dos atau biasa sering disebut dengan Windows, dan juga Linux, Namun untuk artikel kali ini kita hanya akan membahas mengenai Windows. Yang paling menarik lagi, Saat ini operasi sistem windows berkembang begitu pesat, Mulai dari Windows Vista/XP hingga ke windows 10.

Bayangkan setiap rilis dari masing-masing versi mempunyai kelebihan dan kekurangan sendiri, ada banyak orang yang lebih menyukai versi tertentu di bandingkan dengan versi lainnya, mungkin karena faktor kemudahan dan kebiasaan menggunakan operasi sistem tersebut. Berikut ini ada beberapa langkah jika ingin membuat boottable windows atau DVD installer sendiri. Kebanyakan orang melakukan cara ini karena di anggap lebih murah dan juga lebih praktis, Kenapa bisa seperti itu ? Yap, benar sekali. Banyak orang yang membuka service laptop atau PC memberikan harga instaler yang jauh lebih mahal hingga ratusan ribu untuk setiap jenis Windows, terlebih untuk versi yang baru harganya jauh lebih mahal pastinya. Maka dari itu, banyak dari kita yang belajar bagaimana cara instal laptop atau komputer sendiri tanpa harus mengeluarkan biaya yang mahal, walaupun windows yang kita dapatkan bajakan, namun untuk fitur-fitur yang ada di dalamnya tidak kalah bagus dengan yang aslinya. Dan tentu saja, semua itu bisa di dapatkan secara gratis tanpa keluar uang sekalipun.

Adapun langkah-langkah dalam pembuatan DVD Boottable windows, ada beberapa hal yang perlu kamu siapkan terlebih dahulu, berikut bahan-bahan utama yang perlu kamu siapkan untuk membuat DVD Installer Windows.

  1. Aplikasi ImageBurn Versi Terbaru 6.0
  2. Windows 10 32 Bit/ 64 Bit Bisa bentuk File Iso Maupun Folder
  3. Laptop/Komputer dengan OS Windows 7  ( Recomended )
  4. Framework Versi 3.5/ 4.0
  5. Dirext 10/11
  6. DVD Kosong Ukuran 4GB

Nah dari semua bahan yang sudah di siapkan, maka untuk melakukan eksekusi yang perlu kamu lakukan adalah menyiapkan laptop atau PC yang bisa digunakan untuk membuat DVD Installer, untuk membuat DVD installer maka fitur yang dibutuhkan tentu saja DVD Room. Untuk jenis laptop yang sudah mendukung fitur ini tentu bisa digunakan. Lebih baik gunakan laptop atau PC yang mendukung OS Windows 7, Ini berfungsi dengan baik jika dilakukan pada OS Windows 7.

Langkah-langkah untuk proses pembuatan DVD Boottable Windows 10 32 Bit atau 64 Bit Secara lengkap :

Langkah 1

Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah dengan menginstal terlebih dahulu aplikasi ImageBurn, Aplikasi ini mempunyai ukuran yang tidak terlalu besar, lebih baik gunakan versi yang terbaru karena fiturnya jauh lebih lengkap dari versi sebelumnya. Kamu bisa mencari dan mengunduh dari Internet.

Langkah 2

Langkah kedua silahkan buka aplikasi imageBurn yang sudah kamu instal, silahkan klik pada bagian menu Write Image File To Disk ( Menu ini khusus untuk File Windows 10 Dalam bentuk File ISO/Image ), kemudian jika file windows 10 dalam bentuk Folder, maka kamu bisa menggunakan perintah Write File/Folder To Disk.

Panduan Lengkap Membuat Bootable Windows DVD Dengan ImageBurn

Langkah 3

Langkah berikutnya tinggal pilih terlebih dahulu, misalnya saja disini saya menggunakan File windows dalam bentuk File ISO atau File Imge, jadi saya pilih menu nomor 1 yaitu Write Image File To Disk. Kemudian silahkan kamu masukkan DVD kosong ke dalam DVD Room laptop atau PC kamu. Tunggu sejenak, dan silahkan cari File ISO dengan menggunakan Pencarian Folder pada kotak sebelah kiri. Dilanjutkan dengan masuk ke menu ADVANCED dan silahkan kamu pilih menu Boottabledisk.

Panduan Lengkap Membuat Bootable Windows DVD Dengan ImageBurn

Langkah 4
 
Pada langkah ini kita akan melakukan proses penyettingan pada menu-menu di boottabledisk agar proses pembuatan DVD installer bisa berhasil dengan baik. Silahkan amati dengan baik-baik gambar dibawah ini.

Panduan Lengkap Membuat Bootable Windows DVD Dengan ImageBurn

Keterangan :
  1. Merupakan folder pencarian dimana kamu harus menaruh atau menempatkan terlebih dahulu file ISO yang hendak di jadikan sebagai Boottable disk.
  2. Klik sesuai dengan gambar yaitu pada menu Make Image Bootable
  3. Pada nomor 3 silahkan pilih none ( Custom )
  4. Pada nomor 4, silahkan kamu klik gambar Folder tersebut, dan cari menu etfsboot.com , menu ini berada pada Folder Windows 10 pada bagian menu Boot, Lebih baik File ISO Windows di ekstrak terlebih dahulu dengan bantuan WinRar untuk jadi Folder.
  5. Pada bagian Nomor 5 di isi dengan Microsotf Corperation
  6. Pada bagian nomor 6 di isi sesuai dengan Default
  7. Nomor 7 di isi angka 8
  8. Dan terakhir tekan Menu nomor 8 untuk menjalankan proses Booting pembuatan DVD installer

 

Langkah 5

Nah pada proses pembuatan DVD installer nanti kamu akan menunggu waktu yang cukup lama, namun sebelum masuk ke proses loading, ada beberapa langkah yang perlu kamu selesaikan terlebih dahulu, yaitu Menyetujui aplikasi membuat DVD installer dengan menekan menu Pop Up yang muncul menjadi YES. Dan kemudian lanjutkan dengan klik YES sekali lagi. Berikut contoh menu pop up yang muncul ketika ingin melanjutkan ke proses pembuatan DVD installer.

Panduan Lengkap Membuat Bootable Windows DVD Dengan ImageBurn

 

Panduan Lengkap Membuat Bootable Windows DVD Dengan ImageBurn
 
Langkah 6
Pada langkah ini kamu akan disuruh untuk melakukan klik YES sekali lagi agar proses Pembuatan bootable bisa berjalan dengan lancar, Kemudian akan dilanjutkan pemindahan data dari File ISO ke DVD kosong yang sudah kamu masukkan di awal tadi. Silahkan tunggu sejenak sampai proses benar-benar selesai.
Panduan Lengkap Membuat Bootable Windows DVD Dengan ImageBurn

 

Panduan Lengkap Membuat Bootable Windows DVD Dengan ImageBurn
Biasanya pada pertengahan proses DVD akan keluar sendiri, jangan Khawatir, proses tersebut tidaklah Gagal, namun DVD meminta Verifikasi data kembali, Masukkan kembali DVD Windows dan tunggu proses berjalan ke dua kalinya,  Bisa di lihat jika kamu mencetang kotak VERIFY, artinya kamu meminta dua kali proses pembuatan data DVD, dan ini jauh lebih bagus dari pada satu kali proses. Selamat mencoba, semoga panduan lengkap membuat DVD Bootable windows 10 ini bisa berguna untuk kalian semuanya. Terimakasih.

You May Also Like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *