Penyebab dan Solusi Agar HP Android Tidak Cepat Panas

Diposting pada

Penyebab dan Solusi Agar HP Android Tidak Cepat PanasSumber gambar : droidpoin.com

Penyebab, Akibat, Solusi Tips Mengatasi Mencegah Agar HP Hape Ponsel Smartphone Android IOS Tidak Menjadi Sering Cepat Panas bahkan overheating dan baterai tidak cepat habis.

Seiring penggunaan gadget seperti smartphone di era modern yang semakin banyak ini, pasti di antara kalian pengguna HP Android akan mengalami hal saat menggunakan ponsel pintar tersebut seperti suhu atau temperatur Smartphone yang panas. Entah itu panas yang dihasilkan memang dari kekurangan perangkat yang Kamu miliki atau dari kebiasaan yang sering Kamu lakukan saat menggunakan ponsel tadi. Berikut admin jelaskan penyebab-penyebab kenapa sih kok HP Android cepat panas bahkan baterainya juga sangat boros.

Beberapa Penyebab Ponsel Cepat Panas

1. Sinyal tidak Stabil

Salah satu faktor yang menyebabkan ponsel kamu jadi cepat panas adalah signal yang tidak stabil. Ketika HP kamu mencari sinyal baik sinyal Data Seluler maupun Wifi ataupun lainnya maka hal tersebut dapat menyebabkan suhu HP kamu meningkat. Hal ini dapat terjadi ketika kamu mengunjungi tempat yang sangat minim sinyal seperti di pedesaan. Ponsel dipaksa untuk mencari sinyal terus-menerus yang menyebabkan naiknya suhu dan dapat berakibat konsumsi daya baterai yang cepat habis pula.

2. Aplikasi yang aktif di Background

Faktor kedua yaitu membiarkan aplikasi berjalan di background. Ini salah satu kesalahan yang sering dilakukan oleh pengguna smartphone android. Pengguna membiarkan semua aplikasi yang mereka buka tetap berajalan di latar belakang. Aplikasi yang berjalan di background dapat menyebabkan penggunaan recourse CPU dan RAM yang cukup besar dan mengakibatkan performa ponsel anda menurun atau lemot alias ngelag bahkan baterai cepat habis, dengan banyaknya daya baterai yang terpakai dapat menyebabkan suhu ponsel anda jadi cepat panas pula.

3. Penggunaan Aplikasi yang Berlebihan

Anda sering main game atau hanya sekedar buka tutup sosmed dengan waktu yang lama atau berjam-jam ? Hal ini juga dapat menyebabkan suhu hp anda meningkat. Ketika kamu menjalankan aplikasi atau bahkan game berlebihan atau bahkan secara bersamaan dalam jangka waktu yang lama dapat menguras baterai ponsel kamu. Komponen-komponen pada android kamu akan selalu bekerja tanpa ada jeda sedikit pun dan dapat menyebabkan ponsel jadi cepat panas.

4. Menggunakan Ponsel ketika dicharging

Kamu sering menggunakan HP saat di cas ? Tinggalkan kebiasaan ini. Hal seperti ini yang sering dilakukan oleh pengguna ponsel di seluruh dunia. Yang kamu lakukan tersebut dapat menyebabkan suhu perangkat yang meningkat karena proses pengisian daya ke baterai sedang dilakukan.

Solusi Agar Ponsel Tidak Cepat Panas

1. Cari provider yang memiliki sinyal stabil

Jika kamu berada di daerah tertentu yang minim sinyal dari provider yang kamu gunakan, usahakan kamu menggunakan provider yang memiliki signal atau koneksi stabil di daerah tempat kamu berada, hal ini dapat mengurangi ponsel kamu yang mencari sinyal terus menerus.

2. Tutup aplikasi yang berjalan di latar belakang atau backround

Cobalah untuk menutup aplikasi apa saja yang berjalan dan yang memakan penggunaan RAM paling banyak, karena hal ini dapat mengurangi dampak panas yang diakibatkan dari aplikasi-aplikasi yang kamu buka tadi. Atau kamu juga bisa menghapus aplikasi yang anda rasa memakan penggunaan ram yang cukup banyak.

3. Jangan gunakan smartphone secara berlebihan

Jangan menggunakan ponsel secara berlebihan hingga berjam-jam. Silahkan Kamu berhenti sejenak jika merasa suhu ponsel kamu sudah cukup panas. Hal ini dapat meminimalisir dampak kerusakan hardware yang diakibatkan dari suhu perangkat yang tinggi.

4. Jangan menggunakan ponsel saat dicas

Hal tersebut sangat tidak baik bagi kelangsungan perangkat ponsel kamu. Sebaiknya kamu menggunakan ponsel saat keadaan tidak dicharging. Hal tersebut menyebabkan suhu pada hp akan semakin panas. Selain itu juga dapat menyebabkan umur baterai smartphone kamu berkurang.

5. Jangan gunakan kondom softcase atau hardcase yang sangat tertutup

Nah yang terakhir ini adalah penggunaan softcase atau hardcase yang sangat tertutup. Salah satu penyebab suhu cepat naik adalah penggunakan softcase ataupun hardcase yang salah. Kalau kamu memilih untuk menggunakan softcase/hardcase yang terlalu tertutup, kemungkinan ponsel akan cepat panas. Kenapa demikian? hawa panas di dalam hp tidak dapat keluar dengan lancar karena tertutup softcase/hardcase yang tertutup tadi. Jadi gunakan softcase/hardcase yang tidak terlalu tebal/ketat agar smartphone kamu tidak cepat panas.

Ok itu tadi beberapa penyebab dan juga solusi yang bisa admin berikan. Semoga dapat mengurangi suhu panas dari ponsel yang kamu miliki. Bagikan ke teman-teman kalian yang mungkin juga memiliki masalah yang sama.

Summary
Review Date
Reviewed Item
Penyebab dan Solusi Agar HP Android Tidak Cepat Panas
Author Rating
51star1star1star1star1star

Agen Bola