Pengertian, Fungsi dan Macam-Macam CMS Lengkap

CMS
CMS

Aldhinya Web – Pengertian dan Macam-Macam CMS berdasarkan kategori, kegunaan, fungsi, kelebihan, kekurangan, CMS, kumpulan cms terkenal, cms yang paling sering dipakai oleh orang, cms keren terbaru, cms dengan fitur keren dan banyak lengkap, fungsi-fungsi cms, apa itu cms ? cms adalah,  kepanjangan cms, kelebihan dan kekurangan cms terbaru lengkap terupdate.

Pada kesempatan ini saya akan membagikan sebuah materi tentang CMS. Kepanjangan dari CMS adalah Content Management System (Sistem Management Konten) 

CMS adalah Sebuah aplikasi web atau software web yang tujuannya untuk memudahkan dalam pengelolaan (upload, edit, menambahkan, dll) konten dalam sebuah website/blog/aplikasi web tanpa harus dibekali pengetahuan tentang hal-hal yang bersifat teknis dan tanpa harus memiliki pengetahuan tentang bahasa pemrograman web.

Sehingga dengan adanya CMS ini, orang awam pun dapat membuat sebuah website yang langsung jadi dan orang tersebut tinggal mengelola isi konten website tersebut dengan mudah.

CMS dapat digunakan untuk membuat berbagai jenis website seperti :
  • Situs perusahaan, bisnis, organisasi atau komunitas.
  • Website portal.
  • Website Galeri foto.
  • Website Toko Online.
  • Website pribadi / blog.
  • Dan lain-lain .
Dalam dunia Website, CMS adalah salah satu andalan untuk membangun sebuah website ataupun blog, yang mana blogger tidak semuanya mengerti akan membuat website dari nol, tetapi hanya tahu cara menulis dan posting. Oleh karena itulah, kehadiran CMS ini sangat bermanfaat sekali. Kita dapat menambah plugin, mengedit tampilan, mengubah permalink dan lain-lain sesuai dengan keinginan sang pengelola website.

Berikut Daftar CMS Terkenal yang sering digunakan :

CMS Joomla
http://www.joomla.org/

Joomla merupakan alah satu CMS open source yang sangat terkenal dan mudah digunakan. Biasanya cms ini digunakan di website perusahaan ataupaun sekolah. Joomla menggunkan bahasa php dan basis data mysql.

 
2. Drupal
CMS Drupal
https://www.drupal.org/

 Drupal merupakan CMS open source selain joomla, dibawah lisensi GPL. Drupal dan dikembangkan oleh para komunitas Drupal di seluruh dunia. Drual merupakan CMS yang relatif lengkap dibanding joomla, karena memiliki banyak fitur.

 
3. WordPress
CMS WordPress
https://wordpress.org/

Siapa yang tidak kenal CMS yang satu ini ? WordPress adalah salah satu CMS opersource yang paling digemari di dunia, biasanya digunakan untuk untuk membuat sebuah blog. Wordpress menggunakan bahasa pemrograman php dan database mysql. WordPress termasuk CMS yang user frienly dibandingkan dengan joomla dan drupal.

 
4. Silverstripe
Silverstripe
http://www.silverstripe.com/

CMS ini tidak kalah dengan yang lainnya dan mempunyai fitur yang cukup lengkap. CMS ini dibangun memggunakan bahasa pemrograman php dan database Sapphire . SilverStripe mempunyai banyak pendukung aplikasi yang membantu para pengembang untuk mengembangkannya lagi.

 
5. Aura
 
Aura
http://auracms.org/

Aura adalah CMS hasil karya anak bangsa yang berbasis PHP 4 & MySQL berlisensi GPL (General Public License).

6. Prestashop

Prestashop
https://www.prestashop.com/

Prestashop adalah sebuah CMS gratis yang khusus digunakan untuk Anda yang ingin membangun website toko online. CMS ini dapat di install pada webhosting.

7. PhpBB

PhpBB
https://www.phpbb.com

PhpBB adalah CMS yang diperuntukkan bagi anda yang ingin membuat website berbasis forum. CMS ini open source alias gratis.

Tidak hanya 7 CMS di atas saja tetapi masih banyak CMS lainnya yang juga sering di gunakan oleh banyak orang. Demikian informasi yang dapat saya sampaikan semoga artikel di atas dapat menambah wawasan anda seputar CMS dan juga macam-macamnya.

Referensi : http://id.wikipedia.org/wiki/Sistem_manajemen_konten

Previous Post

No more post

You May Also Like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *