Pengertian Bandwidth dan Throughput Lengkap

Aldhinya Web – Pengertian Bandwidth dan Throughput Lengkap Terbaru. Apa itu Bandwidth ? dan Apa itu Throughput ? Pasti Anda sering mendengar istilah-istilah dalam jaringan seperti Bandwidth dan juga Throughput. Mungkin bandwidth sudah sering didengar oleh banyak orang, bagaimana dengan Throughput ? sudah pernah mendengar nama ini sebelumnya ? pasti jarang sekali orang yang mendengar sebutan Throughput ini. Nah, untuk memperdalam ilmu Anda seputar Bandwidth maupun Throughput saya akan membagikan informasi tentang Pengertian Bandwidth dan Throughput.

Pengertian Bandwidth dan Throughput Lengkap

Pengertian Bandwidth

Pengertian Bandwidth
Bandwidth adalah suatu ukuran dari banyaknya informasi atau data (bit) yang dapat dikirim dari suatu tempat ke tempat lain dalam satu detik. Bandwidth bisa digunakan untuk mengukur aliran data analog maupun aliran data digital.

Satuan yang digunakan dalam Bandwidth adalah bps atau bit per second. Dikehidupan kita sehari-hari kita sering mendengar bahwa pengertian dari Bandwidth Internet adalah sebuah batas maksimal kecepatan yang diberikan oleh sebuah ISP atau sebuah Penyedia jasa layanan Internet kepada kita. Dapat diibaratkan sebuah pipa yang dilalui oleh air, jika ukuran pipa tersebut semakin besar maka air yang dikirim pun akan semakin besar pula.

Macam-Macam Bandwidth :

Bandwidth Analog

Merupakan rentang antara frekuensi yang terendah dengan frekuensi yang tertinggi yang digunakan pada transmisi signal radio (digital ataupun analog) dalam satuan Hertz (Hz) yang dapat menentukan banyaknya informasi yang dapat ditransmisikan dalam suatu saat.

Bandwidth Digital

Merupakan jumlah atau banyaknya data (bit) yang dapat dikirimkan dan diterima melalui sebuah saluran komunikasi tanpa adanya distorsi dalam 1 detik. Satuannya adalah bits, Byte, Kilo, Mega, Giga.

1Byte (1B) = 8bits
1Kilobit(1kb) = 1.000bits
1KiloByte(1KB) = 8.000bits
1Megabit(1Mb) = 1000.000bits
1Gigabits(1Gb) = 1.000.000.000 bits

Bandwidth Uplink dan Downlink :

Bandwidth Uplink atau Upload (Batas kecepatan upload)

Upload merupakan sebuah proses dimana kita mengunggah atau mengirim data dari perangkat kita berupa text, pesan, gambar, video, dll ke perangkat lain menggunakan jaringan komputer/internet.Contohnya seperti ketika mengunggah sebuah foto ke Sosial Media seperti Facebook. Meskipun kita hanya mengirim sebuah pesan melalui FB, WA, BBM, dsb itu sudah disebut dengan upload.

Bandwidth Downlink atau Download (Batas kecepatan download)

Download adalah sebuah proses dimana kita mengambil/mengunduh data dari perangkat lain atau internet berupa text, pesan, gambar, video, dll ke komputer kita menggunakan jaringan komputer atau internet.Contoh sederhananya seperti ketika Kamu browsing, Kamu sudah melakukan kegiatan yang disebut dengan download karena komputer atau perangkat yang sedang kamu gunakan sudah mengambil data dari internet.

Konsep bandwidth tentunya juga mempunyai kelemahan, salah satunya adalah bandwidth tidak dapat menghitung berdasarkan kondisi jaringan yang sebenarnya.

 

Pengertian Throughput

Pengertian dari Troughput adalah bandwidth yang sebenarnya atau aktual, diukur dengan satuan waktu tertentu dan pada kondisi jaringan tertentu yang digunakan untuk melakukan transfer file dengan ukuran tertentu juga.

Pengertian Throughput

 

Jika misal bandwidth Anda yang Anda ketahui adalah sebesar 64 kbps, lalu Anda ingin mendownload file dari Internet berukuran 128 kb, seharusnya file tersebut sudah sampai ke komputer Anda hanya dengan waktu 2 detik (128/64), namun apa yang terjadi, file tersebut tiba di perangkat kita dalam waktu 8 detik. Jadi bandwidth yang sebenarnya adalah 128kb/8 detik = 16 kbps.

Faktor – Faktor yang Mempengaruhi Bandwidth dan Throughput :

  • Perangkat jaringan yang digunakan.
  • Topologi jaringan yang digunakan.
  • Tipe data yang ditransfer.
  • Banyaknya pengguna jaringan.
  • Spesifikasi komputer server.
  • Spesifikasi komputer client/user.
  • Induksi listrik maupun cuaca.

Demikian artikel yang bisa saya bagikan untuk Anda. Semoga bisa menambah wawasan Anda seputar Bandwidth dan Throughput. Saya selaku Admin mohon maaf jika ada kesalahan.

Referensi :
https://id.wikipedia.org/wiki/Lebar_pita
https://en.wikipedia.org/wiki/Throughput

Previous Post

No more post

You May Also Like

10 Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *